Minuman Khas Turki yang TIDAK boleh dilewatkan!

1. Teh Turki

Sumber Gambar : Clcworld.com

Teh Turki ata Cay merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari di Turki. Baik untuk penduduk lokal maupun pendatang, mayoritas dari mereka memiliki keterikatan dengan teh. Teh Turki punya rasa manis alami meski tidak kamu tambahkan gula di dalamnya. Teksturnya juga sangat pekat. Teh Turki dibuat dengan cara direbus dalam pot tanah liat yang autentik khas Turki. Inilah yang menjadikan cita rasa dan teksturnya berbeda.

 

Teh Turki banyak dibudidayakan di daerah Rize, sebuah area berdataran tinggi yang cocok untuk pertumbuhan teh. Teh juga merupakan simbol selamat datang bagi para tamu. Seorang tuan rumah akan menyediakan teh terbaik untuk tamunya. Teh juga umumnya diseduh kental untuk menunjukkan apreasiasi terhadap si tamu. Sedangkan untuk wisatawan, biasanya akan disuguhkan teh apel. Tapi teh hitam tetap merupakan primadona. Keunikan dari teh Turki adalah proses penyeduhannya. Teh kemudian dihidangkan di cangkir khusus yang tidak berkuping dengan lengkungan di bagian tengahnya. Teh pun tidak boleh diisi terlalu penuh, agar si peminum tidak kesulitan untuk memegang cangkir.

2. Salgam

Sumber Gambar : Thespruceeats.com

Salgam merupakan minuman yang dibuat dengan bahan-bahan tidak lazim seperti wortel yang telah diasinkan dan di pedaskan. Tidak hanya itu, bahan lainnya adalah lobak yang sudah difermentasi dengan bulgur. Minuman yang satu ini menawarkan cita rasa pedas dan juga masam. Meskipun memiliki cita rasa yang dikenal aneh, tetapi minuman yang satu ini mengandung banyak manfaat bagi tubuh salah satunya mengandung konsentrasi vitamin C. Saat berkunjung ke Turki, tidak ada salahnya untuk mencoba uniknya minuman yang satu ini.

3. Boza

Sumber: tour-tour-tour.com

Boza menjadi salah satu minuman khas Turki yang cukup populer. Boza merupakan minuman hasil fermentasi khas Turki yang dibuat dari bahan utama gandum putih yang difermentasikan. Boza dihidangkan bersama dengan kayu manis dan kacang chickpea. Topping yang dipilih tentu menghasilkan cita rasa minuman ini semakin lezat dan sayang untuk tidak dicoba saat berkunjung ke Turki.

4. Ayran

Sumber : Tempo.co

Ayran merupakan minuman olahan yogurt khas timur tengah yang dibuat dengan menggunakan beberapa bahan diantaranya yoghurt, air, dan juga garam. Minuman dingin ini digemari di musim panas karena kesegaran dan rasanya yang unik. Minuman ini sangat cocok dinikmati saat musim panas dan disajikan dalam keadaan dingin. Selain cocok untuk diminum langsung, tidak ada salahnya untuk menjadikan Ayran sebagai pendamping menu makanan utama.

 

Sejarah Ayran bermula dari masa suku nomaden Turki dan di beberapa budaya seperti Iran dan negara-negara Arab. Kombinasi minum Ayran sambil makan kebab kerap membuat turis yang mencobanya langsung jatuh cinta.

5. Sahlep

Sumber : Grandturkishbazaar.com

Minuman khas Turki yang cukup populer dan banyak diburu oleh wisatawan adalah sahlep. Minuman yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan tepung umbi bergenus orchis yang mudah dijumpai dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Turki. Minuman ini termasuk dalam salah satu minuman klasik khas Turki karena sudah ada sejak jaman masa Kerajaan Ottoman dan paling sering disajikan dalam keadaan panas pada musim dingin karena bisa menghangatkan tubuh.

Dulunya minuman ini merupakan sajian saat musim dingin di masa kerajaan Ottoman. Saat ini sahlep telah melalui banyak modifikasi dengan menambahkan coklat atau susu. Hal itu tentu menjadikan minuman ini memiliki cita rasa yang semakin lezat. Anda dapat mencoba minuman dengan tampilan yang menggugah selera ini saat datang ke Turki.

6. Kopi Turki

Sumber Gambar: hurriyet.com.tr

Kopi Turki dikenal memiliki cita rasa gurih. Cita rasa dan aroma yang kuat menjadikan minuman ini cocok dicoba khususnya bagi Anda pecinta olahan kopi. Minuman yang satu ini biasa disajikan dari teko dengan gagang panjang yang memiliki sebutan cezve. Kopi khas Turki yang satu ini biasa dikonsumsi bersama dengan hidangan permen Turki. Kopi Turki seringnya disiapkan dengan menggunakan biji kopi arabika yang digiling hingga halus. Namun kini, banyak juga yang mempergunakan biji kopi robusta maupun campuran antara keduanya. Umumnya disajikan dengan tambahan gula. Citarasa Kopi Turki pun sangat pekat, sehingga sering disajikan dengan sepotong baklava.

7. Karadut Suyu

Sumber: kokluzeytincilik.com.tr

Mulberry atau buah murbei adalah pohon buah beri yang banyak ditemukan di Asia dan Eropa. Buah tersebut memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi, menjadikannya populer untuk dikonsumsi. Mulberry diolah menjadi jus yang disajikan dingin terutama di musim panas. Mulberry itu sendiri dihaluskan dan dicampur dengan air. Sangking populernya, Karadut Suyu juga banyak dijual dalam kemasan botolan di supermarket. Tapi tidak ada yang bisa menandingi kesegaran jus mulbbery yang fresh.

Temukan dan follow kami di Media Sosial, dan dapatkan informasi terkini mengenai Kuliah di Turki.

Artikel berdasarkan bulan
Kategori